Esquire Theme by Matthew Buchanan
Social icons by Tim van Damme

06

Apr

Tips Presentasi di iPad/iPhone

Komputer tablet seperti iPad (iOS) dan Android sekarang sedang naik daun. Tak lama lagi tablet berbasis Windows juga akan muncul dipasaran. Daripada menggunakannya hanya untuk mainan, mari menggunakannya sebagai alat untuk melakukan presentasi. Baik melakukan presentasi untuk kuliah, seminar ataupun menampilkan gagasan dan ide anda kepada client. Saya mencoba menyajikan tips dan cara melakukan presentasi menggunakan iPad. Selain iPad, iPhone juga dapat digunakan untuk melakukan presentasi. Akan tetapi tidak semua IPhone, hanya iPhone 4 dan 4S yang dapat digunakan untuk melakukan presentasi.

Pertama, Yakinkan bahwa iPad/iPhone merupakan alat yang tepat untuk melakukan presentasi. Apabila audiens presentasi tidak terlalu banyak, ruangan yang tidak terlalu besar merupakan salah satu contoh bahwa iPad/iPhone merupakan alat yang tepat. Apabila anda akan melakukan demo suatu sistem/aplikasi maka iPad/iPhone bukan merupakan alat yang tepat. Ruangan yang besar misalnya dalam suatu konferensi dan mengharuskan anda menggunakan remote untuk presentasi dan berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi yang lain, maka iPad/iPhone juga bukan alat yang tepat.

Kedua, Siapkan presentasi menggunakan komputer desktop, karena akan lebih fleksibel dan lebih baik daripada menyiapkan langsung di iPad/iPhone. Editing secara langsung hanya untuk hal yang sederhana seperti kesalahan pengetikan atau typo.

Ketiga, KISS (keep it simple stupid), buat sesederhana mungkin dan  jangan menggunakan transisi dan animasi yang berlebihan. Ingat iPad tidak akan maksimal menampilkannya. Bahkan ada kemungkinan akan gagal atau macet di tengah jalan.

Keempat, Lakukan persiapan dan latihan sebelum presentasi untuk mencoba presentasi anda akan berjalan dengan baik. Cobakan langsung menggunakan proyektor.

Kelima,  Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, siapkan rencana lain (plan b) seperti misalnya menyiapkan file presentasi menggunakan flash disk  dengan format yang berbeda (pdf dan ppt).

Pertanyaan selanjutnya adalah aplikasi apa yang dapat anda lakukan untuk melakukan presentasi? Ingat tidak semua aplikasi di iPad/iPhone dapat diteruskan ke proyektor seperti halnya komputer/notebook. iPad 1 dan iPhone 4 hanya menampilkan presentasi menggunakan aplikasi tertentu, seperti Keynote dan Video. Untungnya pada iPad 2 dan iPad yang baru diluncurkan yaitu generasi ke-3 serta pada iPhone 4S sudah mendukung mirroring. Artinya apa yang ditampilkan di iPad juga secara langsung ditampilkan pada layar ke-2 (proyektor atau televisi).

Untuk melakukan presentasi, anda butuh alat tambahan yaitu konverter untuk menyajikannya pada layar ke-2 (proyektor atau televisi). Ada 2 jenis alat tersebut, yaitu konverter RGB dan konverter HDMI. Pastikan alat untuk melakukan presentasi (proyektor atau televisi) mendukung konverter yang anda gunakan. Konverter RGB hanya memindahkan layar, sedangkan konverter HDMI disamping memindahkan layar juga memindahkan suara (audio).

Untuk melakukan presentasi di iPad/iPhone, aplikasi pilihan saya adalah Keynote dan 2Screens. Sedangkan konverter sebaiknya menggunakan konverter HDMI karena sudah mendukung resolusi tinggi.

Keynote merupakan aplikasi presentasi dari Apple dan dapat membaca file keynote (.key) dan powerpoint (.ppt). Tidak seperti halnya melakukan presentasi menggunakan Keynote pada komputer/notebook yang dapat menggunakan remote, pada aplikasi iPad Keynote tidak dapat menggunakan remote.

2Screens dapat membaca berbagai macam file gambar, dokumen dan presentasi (.key .ppt .pdf .jpg dll). Keunggulan dari 2Screens adalah dapat menggunakan remote untuk melakukan presentasi. Aplikasi remote dapat diinstall pada iPod touch atau iPhone.

Selain dua aplikasi tersebut, untuk melakukan presentasi juga dapat menggunakan Pages, Numbers, atau Video. Untuk menampilkan halaman web dapat menggunakan Webout.